Saturday, October 20, 2018

Berikut Ini 11 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Berikut Ini 11 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan


Berikut Ini 11 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan - Jagung merupakan jenis buah maupun sayuran dengan bentuk fisik biji yang mempunyai warna kuning serta letaknya berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Terdapat berbagai cara untuk menikmati jagung ini, dapat dengan di bakar dan rebus. Jagung yang sudah berumur agak tua dapat dijadikan popcorn. 

Jagung biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan resep masakan. Di Indonesia sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung bisa dengan mudah didapatkan. 

Biasanya jagung hanya dijadikan sebagai bagian campuran dalam sup. Manfaat jagung juga sangat baik untuk dikonsumsi. Dibalik rasanya yang enak, jagung juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manusia membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas dan berpikir setiap hari. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat merupakan solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat antara lain gandum, beras, dan jagung, dll.

Baca Juga :


Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Pada masa sekarang ini, sudah banyak jagung yang menjadi komponen penting dalam makanan hewan ternak. Jagung merupakan sumber minyak pangan serta bahan dasar dari tepung maizena. Berbagai produk olahan hasil jagung menjadi sebuah bahan baku pada berbagai produk industri.

Berikut Ini 11 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Diantaranya :


Jagung memberikan banyak manfaat kesehatan karena adanya nutrisi berkualitas di dalamnya. Selain sebagai tambahan lezat untuk makanan apa pun, itu kaya phytochemical dan memberikan perlindungan terhadap sejumlah penyakit kronis. Manfaat jagung yang diteliti dengan baik dan tersebar luas tercantum di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jagung manis memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam jagung manis yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya wasir dan juga sembelit. Dengan mengkonsumsi jagung manis, kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari terjadinya penyakit wasir dan juga sembelit.

2. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Jagung mengandung karotenoid yang berfungsi mengurangi risiko degenerasi makula (gangguan penglihatan di pusat garis pandang). Beta-karoten yang terkandung dalam jagung juga akan membantu dalam memproduksi vitamin A, sehingga meningkatkan daya lihat menjadi lebih baik.

Baca Juga :


3. Memelihara Kesehatan Kulit

Jagung kaya akan beta-karoten yang membentuk vitamin A yang sangat penting untuk memelihara kesehatan kulit. Vitamin C dan lycopene pada jagung juga merupakan antioksidan potensial yang dapat mencegah UV dan meningkatkan produksi kolagen yang membantu memelihara kelembutan kulit.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat jantung yang kaya nutrisi juga memiliki dampak baik bagi kesehatan jantung. Berbagai penelitian menemukan bahwa pola makan tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung. 

Salah satu jenis makanan ini adalah jagung. Mereka yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, terlihat memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

5. Meningkatkan Energi

Jagung merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung juga dapat bermanfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Secangkir jagung mengandung sekitar 29 gr karbohidrat. 

Jagung cocok untuk atlet karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memberikan tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung beberapa jam sebelum berolahraga untuk mencukupi kebutuhan energi.

6. Mencegah Diabetes

Jagung mengandung fitokimia yang dapat mengatur penyerapan dan pelepasan hormon insulin dalam tubuh. Jagung merupakan salah satu makanan yang bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.

7. Mengurangi Resiko Wasir

Dalam secangkir jagung mengandung serat yang dapat mencukupi sekitar 18,4% serat dari jumlah kecukupan harian yang dibutuhkan dan dapat mencegah masalah pencernaan seperti ambeien dan sembelit. Serat dapat membantu melancarkan buang air besar, yang dapat merangsang gerak peristaltik serta merangsang produksi asam lambung dan juga empedu. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi kemungkinan terserang diare.

8. Memperkuat Jaringan Ikat

Jaringan ikat terdiri atas tulang, ligamen, tendon, otot, serta tulang rawan. Jagung memiliki kandungan mangan mineral yang dapat memperkuat jaringan ikat. Kandungan mangan juga dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan memecah karbohidrat serta lemak untuk dapat menyediakan energi. 

Secangkir jagung mengandung sekitar 12% dari asupan harian yang direkomendasikan dari mangan. Jagung mengandung sebagian besar mineral seperti magnesium, besi, tembaga, dan fosfor yang diperlukan bagi kesehatan tulang.

9. Melindungi hati

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jagung rebus memberikan efek anti aterogenik pada kadar kolesterol. Hal ini berperan penting untuk mencegah resiko penyakit kardiovaskular dan bagus untuk menjaga kesehatan hati dan jantung. Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam jagung akan membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri.

10. Mencegah anemia

Kekurangan asam folat dan vitamin B12 akan mengakibatkan anemia. Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada jagung manis akan menjadi mineral penting sebagai pembentuk sel darah merah dan mencegah anemia.

11. Baik untuk kehamilan

Jagung manis juga mengandung konsentrasi asam folat yang sangat dibutuhkan para wanita pada masa kehamilan. Mengkonsumsi jagung manis rebus di masa kehamilan secara teratur akan memenuhi kebutuhan asam folat. Jika sang ibu selalu sehat maka janin dalam kandungan pun akan ikut sehat dan kuat.

Sekian dan Terimakasih

Posted By Raja Herbal

Berikut Ini 11 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon