Tuesday, October 16, 2018

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan


Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan - Air kelapa telah menjadi semakin populer sebagai minuman di seluruh dunia karena kandungan alami, elektrolit, dan kandungan mineralnya yang dikombinasikan dengan tingkat rendah lemak, kalori, dan karbohidratnya.

Apa itu Air Kelapa ?

Air kelapa adalah cairan bening yang ditemukan di dalam kelapa hijau muda yang biasanya seukuran bola basket. Idealnya, kelapa muda dipanen pada usia 5-7 bulan, mengandung air paling banyak.

Saat kelapa matang, cairan diganti dengan daging kelapa. Manfaat kesehatan gizi terbesar dari air kelapa berasal dari meminum air kelapa muda, bukan santan matang, yang umumnya lebih rendah gizi.

Air dari buah kelapa telah dikonsumsi selama berabad-abad di negara-negara tropis dan dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan kesehatan. Dalam bahasa Sansekerta, kelapa disebut dengan kalpa vriksha, yang berarti "pohon yang memberikan semua yang diperlukan untuk hidup."

Dalam situasi darurat tertentu, telah digunakan untuk hidrasi IV karena kandungan elektrolit yang tinggi dan fakta bahwa itu steril jika digunakan langsung dari bagian dalam kelapa. Orang-orang di seluruh dunia menikmatinya karena berbagai manfaat dan rasanya yang manis.

Baru-baru ini, manfaat kesehatan air kelapa terus digembar-gemborkan, karena banyak pemasar menyebutnya "minuman olahraga alam". Tetapi, apakah klaim bahwa air kelapa baik untuk Anda benar-benar nyata ?

Fakta Nutrisi Air Kelapa

Cairan di dalam kelapa mengandung sekitar 46 kalori per cangkir, 10 gram gula alami, dengan sedikit protein dan nol lemak. Ini mengandung banyak vitamin, mineral dan phytochemical yang ideal untuk kesehatan manusia.

Nutrisi utama dalam air kelapa adalah kalium . Ini mengandung sekitar 600 miligram (nilai harian 12 persen), membuatnya menjadi minuman elektrolit yang tinggi. Air kelapa juga mengandung sedikit sodium, sekitar 40 miligram dan hingga 10 persen kebutuhan kalsium dan magnesium harian Anda.

Elektrolit sangat penting untuk menjaga volume darah, kesehatan jantung, serta untuk mencegah dehidrasi. Mempertahankan kadar elektrolit dapat membantu mengurangi kelelahan, stres, dan membantu menjaga relaksasi otot.

Ada juga beberapa penelitian menarik mengenai kandungan sitokinin air kelapa, yang di masa depan mungkin menunjukkan beberapa sifat anti-kanker. Sitokinin adalah hormon tanaman alami yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan saat ini.

Dengan manfaat nutrisi ini apakah air kelapa baik untuk Anda? Jawabannya iya! Jika Anda benar-benar menyukai rasanya, ini bisa menjadi alternatif rendah kalori, rendah gula untuk soda. Cukup menyegarkan bila dikonsumsi pada hari yang panas dan membantu menghidrasi kembali.

Air kelapa adalah minuman yang aman dan sehat bagi kebanyakan orang. Mereka yang menderita penyakit ginjal harus membatasi makanan yang terlalu tinggi potasium, termasuk air kelapa. Sekarang mari kita telusuri penelitian dan manfaat air kelapa yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

Berikut 10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui Diantaranya


# 1. Untuk Menurunkan Berat Badan

Anda mungkin tidak mempertimbangkannya, tetapi metabolisme yang tidak sehat atau lemah dapat menghambat Anda untuk menurunkan berat badan. Anda perlu mengonsumsi sejumlah besar cairan tubuh untuk meningkatkan metabolisme Anda.

Di sini air kelapa dapat melakukan pekerjaan untuk Anda, air yang ditemukan dalam kelapa hijau tidak hanya efektif untuk mempercepat metabolisme yang lambat, tetapi juga dapat mengekang nafsu makan Anda. Ini memiliki kandungan lemak nol yang membuatnya aman untuk individu obesitas atau kelebihan berat badan.

Meskipun mengandung sedikit kalori tetapi itu tidak akan membantu dalam penambahan berat badan, dengan demikian kualitas-kualitas ini membuat air kelapa menjadi minuman alami .

# 2. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa ketika subjek diberi air kelapa selama dua minggu, tekanan darah sistolik mereka 71 persen lebih rendah dan tekanan darah diastolik mereka 29 persen lebih rendah daripada mereka yang minum air putih.

Kandungan kalium yang tinggi dari air kelapa telah mengarahkan para peneliti untuk menyelidiki manfaat potensial untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kalium meniadakan efek natrium dalam tubuh, membantu menurunkan tekanan darah .

# 3. Menghidrasi Tubuh Anda Secara Alami

Ini adalah minuman yang sempurna untuk menghidrasi tubuh Anda, terutama setelah olahraga yang lama. Ini mengandung jumlah elektrolit yang tinggi, yang merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mempertahankan keseimbangan cairan yang tepat.

Elektrolit air kelapa adalah kalium, magnesium, natrium dan kalsium, dan penelitian telah menunjukkan bahwa rehidrasi dengan air kelapa setelah latihan yang lama lebih baik atau sama dengan hanya menggunakan air biasa.

Partisipan dalam penelitian lain melaporkan mual dan perut yang tidak terganggu saat rehidrasi dengan air kelapa.

# 4. Sumber Nutrisi yang Baik

Air kelapa adalah sumber serat, vitamin C, potasium, dan mineral penting lainnya. Satu cangkir mengandung sekitar 46 kalori, 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 2 gram protein. Fakta-fakta nutrisi air kelapa saja membuatnya menjadi "makanan super" yang mungkin, karena memberikan banyak gizi hanya dalam satu porsi.

# 5. Air Kelapa untuk Penderita Diabetes

Mengontrol nafsu makan Anda menjadi sulit dengan diabetes, dan jika Anda tidak berhati-hati, Anda mungkin secara tidak sengaja meminum makanan favorit Anda. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang merupakan sesuatu yang tidak ingin Anda hadapi secara sering, terutama jika Anda mengidap diabetes tipe-2.

Di situlah air kelapa masuk ke dalam gambar, mengandung kadar gula nol dan karenanya aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, air kelapa adalah minuman rendah kalori dengan sejumlah nutrisi yang membantu mengendalikan nafsu makan Anda yang meningkat juga.

Air kelapa secara efektif menyerap glukosa dan mencegahnya memasuki aliran darah. Juga, senyawa seperti asam amino, yang ditemukan dalam air kelapa diperlukan untuk mengendalikan ketidaksensitifan Anda terhadap insulin.

# 6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buang air kecil yang tepat dapat flush zat beracun, bahan kimia, garam berlebihan, dll yang akan menghasilkan ginjal yang sehat. Dengan memasukkan air kelapa ke dalam diet Anda, Anda dapat mengobati berbagai masalah ginjal termasuk infeksi saluran kemih.

Berkat sifat antibakterinya yang membantu menangkal bakteri infeksi. Selain itu, air kelapa juga mengandung kadar potasium yang cukup yang diperlukan untuk melarutkan batu ginjal secara efektif.

# 7. Untuk Sakit Kepala dan Migrain

Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan migrain, Anda perlu mengkonsumsi air kelapa segar. Ini adalah sumber yang lezat untuk memerangi faktor-faktor yang berhubungan dengan sakit kepala yang menjengkelkan.

Air kelapa juga mengandung magnesium, yang penting untuk mengobati migrain. Namun, dalam kasus rasa sakit yang parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mempertimbangkan pengobatan sendiri.

# 8. Memperbaiki Kondisi Kulit

Setelah Anda mulai minum air kelapa secara teratur, Anda akan lupa merawat kulit Anda dengan produk-produk kecantikan yang dipenuhi bahan kimia. Tidak hanya mengobati kulit kering dan rusak tetapi sitokin yang ditemukan di air bekerja sebagai pelembab alami.

Ketika dikonsumsi secara teratur, sitokin ini mencegah keriput pra-dewasa, mengurangi pigmentasi. Selain itu, air kelapa segar juga akan membantu mengurangi jerawat dan iritasi kulit.

# 9. Minuman Anti Kanker

Menurut para ahli, mengkonsumsi air kelapa segar dapat membantu dalam pengobatan kanker. Ini telah terbukti sebagai agen antikanker aktif yang cukup ampuh untuk menenangkan pertumbuhan sel kanker di tubuh Anda. Namun, banyak penelitian sedang dilakukan untuk menemukan lebih banyak tentang efek air kelapa pada pasien kanker.

# 10. Mengatur Pertumbuhan Rambut

Anda dapat memperbaiki kondisi rambut Anda hanya dengan menghirup air kelapa segar dan dingin. Air yang terasa menyenangkan ini sangat menakjubkan karena akan menyehatkan kulit kepala Anda secara efektif yang akan menghasilkan folikel rambut yang sehat dan memperkuat helai rambut.

Sekian Dan Terimakasih

Posted By Raja Herbal

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon