Tuesday, October 23, 2018

7 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Selamat datang di situs kami sirajaherbal.blogspot.com untuk pembahahasan kali ini kami akan membahas mengenai tentanag manfaat ubi jalar untuk kesehatan dan kecantikan yang mana akan kami uraikan sebagai berikut.

Sebelum kami membahas mengenai tentang manfaat dari ubi jalar, alangkah baiknya kami akan mengulas dulu tentang apa itu ubi jalar. untuk mengetahui lebih lanjut yuk kita simak di bawah ini.

Ubi Jalar atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Sweet Potato merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang akarnya membentuk umbi dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, ubi jalar juga dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa negara terutama di negara-negara Benua Afrika. Selain umbinya, daun muda ubi jalar juga dapat dimasak menjadi sayuran yang lezat.

Ubi jalar menjadi salah satu jenis umbi-umbian yang begitu populer di Indonesia. Walaupun terkadang jenis umbian ini sering kali dipandang sebelah mata, karena dianggap sebagai makanan yang diperuntukan bagi orang kampung. 

Namun padahal manfaatnya tidaklah seremeh itu. Banyak dari kita yang masih belum menyadari akan manfaat dan khasiat yang diberikan oleh ubi jalar terhadap kesehatan kita. Tanaman ubi jalar, atau juga dikenal dengan nama ubi rambat, memiliki nama latin Ipomea batatas L.

Di beberapa wilayah, ubi jalar ini sering dijadikan pengganti dari nasi. Karena efek kenyang yang didapatkan sesudah mengkonsumsi ubi ini. Semua itu dikarenakan kandungan karbohidrat yang tertanam didalamnya cukup tinggi, dan hingga membuat kita kenyang jika memakannya. 

Selain dijadikan makanan pokok di beberapa wilayah, ternyaa ubi jalar ini juga kerap dimasukkan kedalam masakan dan dijadikan sebagai sayur.

Namun selain itu kandungan manfaat didalam ubi jalar ini tidaklah bisa dipandang sebelah mata saja, yang mana bisa memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan juga mencegah berbagai macam penyakit pula.

Baca Juga : 


Kandungan gizi ubi jalar

Sebuah ubi jalar berukuran sedang menyediakan 162 kalori, 0 gram lemak, 37 gram karbohidrat (termasuk 6 gram serat dan 12 gram gula), dan 3,6 gram protein sesuai dengan Database gizi nasional USDA.

Selain itu ubi jalar juga memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian untuk vitamin A, serta 37% vitamin C, 16% dari B-6 vitamin, 10% asam pantotenat, 15% kalium dan 28% mangan. Di dalam juga akan ditemukan sejumlah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin E, thiamin, riboflavin, dan asam folat.

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten, antioksidan kuat yang dikenal terdapat dalam manfaat sayur sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. 

Warna kulit ubi jalar dapat bervariasi dari kuning, ungu atau coklat tapi tidak peduli apa warna itu, pastikan untuk tidak mengupasnya. Kulit ubi jalar yang manis memberikan kontribusi terhadap sebagian besar serat, kalium dan quercetin.

Berikut Ini Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Diantaranya :


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan beta-karoten pada ubi jalar memiliki peran yang hebat. Zat ini bekerjasama dengan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dua zat yang juga memiliki sifat antioksidan ini membentuk kombinasi nutrisi yang kuat untuk mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat ubi jalar berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Alasannya karena ubi jalar kaya akan vitamin, terutama vitamin B6 yang dapat memenuhi kebutuhan AKG hingga 27 persen pada tubuh kita. 

Vitamin B6 juga berperan untuk mencegah penumpukan homosistein didalam darah. Jika tingkat homosistein dalam darah tinggi, hal tersebut dapat memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan, ubi jalar oranye telah terbukti memiliki sifat anti-karsinogenik. Beberapa penelitian telah menunjukkan beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pramenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause. Namun, nampaknya ubi jalar ungu lebih efektif melawan kanker dibanding dengan ubi jalar oranye.

4. Mencegah Keriput

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ubi jalar juga memiliki manfaat yang begitu luar biasa bagi kecantikan. Yakni dapat mencegah penuaan dan keriput. Semua itu dikarenakan kandungan vitamin E yang ada didalam ubi jalar. Vitamin E ini berfungsi sebagai penutrisi kulit, agar tidak terjadi penuaan atau bahkan oksidasi pada kulit.

5. Menyehatkan mata

Ubi jalar ungu mengandung vitamin A yang tinggi serta ditunjang adanya beta-karoten, sehingga ubi jalar sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai macam penyakit mata. Selain ubi jalar ungu, beta-karoten juga dapat Anda dapatkan pada buah-buahan yang berwarna ungu, hijau, orange dan kuning serta sayuran hijau lainnya.

Selain itu, vitamin antioksidan C dan E dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

6. Menjaga elastisitas dan kecantikan kulit

Ubi jalar merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dibutuhkan untuk produksi kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Selain itu vitamin A dan vitamin E dalam ubi jalar akan menjadikan kulit lebih indah dan sehat. Karena itu rajin-rajinlah mengonsumsi ubi jalar.

7. Mengatasi kulit berminyak

Ubi jalar juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak, lho. Caranya rebus ubi jalar, biarkan hingga dingin lalu haluskan. Tambahkan satu sendok makan madu dan gunakan untuk masker di wajah. Biarkan tinggal selama 20-30 menit dan bilas dengan air. Masker tersebut juga berfungsi untuk melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Itulah pembahasan kali ini yang mengenai manfaat ubi jalar untuk kesehatan dan kecantikan, semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk semuanya dan baca juga artikel menarik lainnya hanya di situs kami .

Baca Juga : QnC Jelly Gamat

Posted By Raja Herbal


7 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon