Wednesday, September 19, 2018

Inilah 6 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan

Inilah 6 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan


Inilah 7 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan - Pisang merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia. Tidak hanya bisa dinikmati buahnya saja, tetapi daunnya pun banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beragam keperluan. Seperti membungkus makanan dan membuat kue. 

Namun tahukah anda bahwa daun pisang juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Daun pisang mengandung beberapa senyawa penting seperti polifenol, lignin, hemiselulosa, protein, allantoin, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika daun pisang yang biasanya hanya digunakan sebagai pembungkus makanan ini ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan serta untuk pengobatan.

6 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan


1. Mengobati sakit tenggorokan

Air rebusan daun pisang yang sudah kering memang cukup manjur untuk mengobati sakit tenggorokan. Misalnya radang yang terkadang sangat susah untuk menelan makanan dan juga untuk minum. Dengan meminum air rebusan daun pisang kering minimal satu kali dalam sehari dapat mengurangi sakit tenggorokan secara bertahap.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun pisang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan seperti allantolin dalam daun pisang berguna untuk kekebalan tubuh. Maka wajar saja mengkonsumsi rebusan daun pisang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh tahan terhadap serangan penyakit.

3. Mengurangi Demam

Banyak yang tidak menyangka kalau daun pisang dapat menyembuhkan demam. Padahal manfaat daun ini salah satunya yaitu mampu menurunkan suhu tubuh ketika seseorang mengalami demam. 

Untuk penggunaanya, buka dengan cara meminum rebusan daunnya, melainkan dengan cara meletakan daun ini di atas tubuh. Namun sebelumnya, permukaan daun harus diolesi terlebih dahulu dengan minyak kelapa.

4. Menyembuhkan penyakit disentri

Zat aktif yang alami yang ada di dalam daun pisang kering mampu menghentikan peradangan pada usus yang bisa mengakibatkan keluarnya darah ketika buang air besar. Jadi kamu cukup meminumnya minimal 1 kali dalam sehari untuk menghentikan pendarahan ketika buang air besar.

5. Menjaga Rambut Sehat

Ekstrak daun pisang dapat menyembuhkan ketombe, menjaga kesehatan kulit kepala, dan menjaga warna alami rambut, berkat alantoin dan efek astringen yang tinggi. Jika kita sering memiliki kulit kepala gatal dan sakit, masker rambut daun pisang ini terbukti sangat efektif.

Kita bisa mengambil daun pisang segar, lalu menghancurkannya dengan blender. Oleskan sebagai masker rambut pada kulit kepala dan rambut, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Menggunakan masker rambut ini secara teratur juga akan membuat rambut kita terlihat berkilau dan lebih indah. 

6. Menjaga Kulit Sehat

Salah satu manfaat kesehatan dari daun pisang adalah untuk mempromosikan kulit yang sehat. Masker daun pisang telah digunakan di spa tradisional selama beberapa generasi untuk menjaga kesehatan kulit. 

Daun segar dihancurkan dengan blender, lalu dioleskan ke wajah atau ke seluruh tubuh. Allantoin dan antioksidan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit (seperti kerutan dan bintik-bintik gelap), menyembuhkan iritasi kulit, mengurangi jerawat dan menjaga kulit tetap lembab dan lembut. 

Sekian dan Terimakasih

Baca Juga : 



Posted By Raja Herbal

Inilah 7 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon