Monday, November 19, 2018

15 Pengobatan Rumah Untuk Serangan Asma Secara Alami Dan Cepat

15 Pengobatan Rumah Untuk Serangan Asma Secara Alami Dan Cepat



15 Pengobatan Rumah Untuk Serangan Asma Secara Alami Dan Cepat - Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang disebabkan oleh peradangan dan penyempitan jalur udara (bronkus). Peradangan kemudian juga mengakibatkan paru-paru memproduksi lendir secara berlebihan sehingga menyulitkan udara keluar-masuk dengan lancar. Asma tidak bisa disembuhkan, tapi ada berbagai jenis terapi asma yang direkomendasikan dokter untuk mengendalikan keparahan gejalanya.

Apa penyebab asma ?

Penyebab asma sampai saat ini tidak diketahui pasti. Namun demikian, ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap asma. Pakar dan peneliti bidang kesehatan setuju bahwa faktor genetik dan lingkungan berperan sangat penting terhadap kemunculan asma sejak usia dini.

Faktor risiko asma yang paling umum adalah:


  • Kecenderungan tubuh untuk mengidap alergi, yang disebut atopi.
  • Orangtua atau ada keluarga Anda yang memiliki asma
  • Mengidap infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) tertentu sewaktu masih anak-anak. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh anak belum sepenuhnya kuat untuk melawan infeksi.
Serangan asma juga dapat terjadi ketika tubuh terpapar hal yang bisa menyebabkan saluran pernapasan jadi meradang. Misalnya, menghirup zat-zat asing di udara (tungau debu; parfum dan wewangian menyengat; polusi udara dari asap knalpot kendaraan/asap kimia limbah pabrik/asap rokok; bulu binatang; serbuk sari bunga; serbuk kayu pohon; dan lain-lain) atau perubahan cuaca dan suhu lingkungan yang drastis. Reaksi alergi makanan parah dan olahraga yang terlalu intens juga bisa memicu asma kambuh.

Tanda dan gejala umum dari serangan asma

1. Batuk


Batuk yang keras adalah gejala paling umum dari asma. Batuknya bisa berupa batuk kering atau berdahak (berlendir). Batuk asma cenderung memburuk pada malam hari atau setelah beraktivitas fisik yang terlalu berat.

Apabila Anda batuk terus-terusan dan berlangsung lama dengan/tanpa gejala asma yang menyertai, ini mungkin saja menandakan Anda mengalami jenis batuk asma.

2. Mengi

Mengi juga menjadi salah satu gejala asma yang paling umum. Mengi adalah suara napas yang berbunyi lirih seperti siulan atau berbunyi “ngik-ngik” setiap kali Anda bernapas. Suara ini muncul karena udara yang masuk dan keluar paru dipaksa melewati saluran napas yang sempit dan tersumbat lendir.

Meski begitu bukan berarti orang yang mengalami mengi pasti mengidap asma. Pasalnya, mengi juga dapat menjadi gejala dari penyakit pernapasan lain seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan pneumonia (infeksi paru-paru).

3. Sulit bernapas lega

Asma membuat Anda sulit bernapas lega karena peradangan membuat saluran napas (bronkus) Anda menyempit dan tersumbat lendir paru. Anda juga mungkin sering merasa kehabisan napas (ngos-ngosan) atau kesusahan menarik dan menghela napas panjang.

Gejala asma ini dapat memicu rasa cemas dan panik karena Anda merasa tidak bisa bernapas lega. Respon stres dan cemas kemudian semakin membuat Anda sulit bernapas. Kondisi ini disebut dengan hiperventilasi.

4. Dada terasa kaku

Gejala asma lainnya adalah sensasi dada sesak seperti ada yang melilitkan tali erat-erat di sekeliling dada Anda. Sensasi ini muncul akibat otot saluran napas yang membengkak karena peradangan, dan kemudian mempersempit terowongan jalur napas. Hal inilah yang membuat Anda merasakan perasaan kaku atau ketegangan di area dada. Nyeri dan kekakuan dada membuat Anda sulit bernapas lega.


Berikut Ini 15 Pengobatan rumah untuk serangan asma secara alami dan cepat yang perlu anda ketahui


1. Buah Cermai

Buah yang memiliki rasa unik ini ternyata juga bisa menjadi salah satu obat asma yang manjur. Pertama, sediakan 6 biji buah cermai, dua siung bawang merah, ¼ genggam akar kara, 8 butir buah kelengkeng, dan dua gelas air matang. 

Cara pembuatan ramuannya juga tergolong mudah. Cuci buah kelengkengnya sampai bersih, lalu tumbuk bersama bahan-bahan lain yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Kemudian rebus hasil tumbukannya dengan 2 gelas air sampai tersisa ½ gelas saja. Minumlah setelah airnya dingin dan disaring.

2. Serai

Bumbu dapur ini tidak hanya bagus sebagai langkah untuk menyembuhkan tangan keseleo serta bengkak. Serai dengan aroma yang harum ini ternyata ampuh dalam menyembuhkan sesak nafas atau asma. 

Caranya sangat mudah, siapkan 1 batang serai segar yang sudah dicuci, kemudian direbus dengan 2 gelas air putih hingga tinggal 1 gelas. Biarkan hingga dingin dan saring airnya. Air hasil rebusan dicampur dengan madu lalu aduk hingga larut. Minum ramuan ini sebanyak 1 kali sehari sampai asma Anda sembuh.

3. Bawang bombay

Bawang bombay memiliki zat anti-peradangan yang dapat membantu anda mengurangi penyumbatan di saluran pernapasan ketika menderita asma. Zat sulfur yang ada pada bawang juga dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

Konsumsilah bawang bombay mentah untuk melegakan saluran udara anda supaya dapat bernapas lebih baik. Jika Anda tidak dapat mentoleransi rasa bawang mentah, cobalah memakan bawang yang sudah dimasak.

4. Daun Sirsak

Daun sirsak sudah terkenal sebagai obat asma tradisional karena kandungan daun sirsak ini ada beberapa senyawa aktif seperti acetogenins, annocatacin, annonacin, annomuricin, annocatalin, annohexocin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin yang memiliki sifat membunuh bakteri dan virus jahat di dalam saluran pernafasan manusia tanpa efek samping.

Daun sirsak ini sudah banyak dimanfaatkan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia sebagai obat asma untuk menyembuhkan beragam macam penyakit. Termasuk penyakit asma, karena asma berkaitan dengan infeksi virus dan sel yang abnormal terjadi di dalam saluran paru paru, sehingga dengan mengkonsumsi daun sirsak diharapkan dapat menjadi anti biotik yang ampuh untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di dalam saluran pernafasan.

Untuk mendapatkan khasiat dari daun sirsak ini sangatla mudah karena cukup dengan meminum air rebusan daun sirsak yang sudah cukup tua. Anda dapat mengkonsumsi obat asma tradisional dari daun sirsak yang sudah berupa ekstrak dalam kemasan obat herbal atau meminum rebusan air daun sirsak yang dikeringkan dahulu.

5. Kemangi

Daun kemangi memiliki sifat ekspektoran alami, sehingga akan menyingkirkan dahak-dahak yang menyumbat jalannya udara dalam saluran pernapasan. Selain itu, daun kemangi juga memiliki sifat anti-inflammasi yang diperlukan tubuh untuk mengatasi segala penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, batuk, atau flu. 

Caranya Anda cukup menyiapkan 4 helai daun kemangi, kemudian campurkan dengan air untuk dibuat jus. Agar rasanya lebih nikmat, Anda dapat menambahkan madu. Konsumsi jus kemangi ini 2 kali sehari.

6. Pare

Tanaman obat asma yang selanjutnya adalah pare. Penyempitan saluran pernafasan karena asma dapat dengan mudah dinormalkan kembali dengan mengkonsumsi buah pare. Rasa pahit yang dirasakan oleh lidah yang menyebabkan penormalan kembali saluran pernafasan yang menyempit. 

Minum jus pare secara rutin bisa membantu meringankan masalah pernafasan termasuk batuk dan mengi akibat sesak nafas dan menghilangkan dahak yang terakumulasi dalam paru-paru dan saluran pernafasan.

7. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu meredakan penyakit asma. Caranya ambillah 10 hingga 15 siung bawang putih dan rebuslah bersama dengan setengah gelas susu. Cairan ini dianjurkan untuk diminum sehari sekali untuk dapat meredakan gejala-gejala asma.

8. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang ampuh untuk mencegah penyakit asma dan alergi yang disebabkan karena faktor lainnya. Hal ini karena kandungan yang dimiikinya terdapat zat kurkumin, yakni bahan aktif dengan antioksidanyang kuat, zat itulah yang membantu melawan gejala- gejala asma, maupun penyakitnya.

9. Bunga Kenanga Kering

Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

10. Karuk

Karuk atau dikenal dengan daun sirih tanah merupakan salah satu jenis tanaman yang terkenal cukup manjur dalam mengatasi berbagai macam penyakit termasuk asma, panu, nyeri tulang, susah buang air kecil, dan sakit perut. daun karuk ini bisa di manfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional penyakit asma yang fungsinya untuk mengencerkan lendir / dahak dibagian saluran pernafasan yang kemudian di keluarkan dari dalam tubuh.

Caranya adalah siapkan 3-5 lembar daun karuk yang sudah dicuci bersih. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk, lalu seduh dengan setengah gelas air panas. Saring dan dinginkan, agar rasanya lebih nikmat Anda bisa menambahkan madu. Konsumsi air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari.

11. Jahe

Jenis rimpang yang satu ini memang terkenal dengan khasiatnya sebagai penghangat tubuh, tetapi selain itu, rimpang yang satu ini juga mempunyai khasiat lain yang ampuh untuk membantu mengobati asma dan mengatasi peradangan. Untuk mengambil khasiat dari rimpang jahe ini, Anda dapat memadukan jahe ini dengan madu. 

Penggunaan jahe dapat dengan ditumbuk dulu hingga halus, atau dengan dipotong-potong saja, baru kemudian dicampurkan ke dalam campuran madu. Jika hanya dipotong-potong, berikan lebih banyak jahe dibandingkan dengan jika ditumbuk.

12. Putri Malu

Daun yang sensitif dengan sentuhan ini mengandung senyawa alkaloid yang membantu mengeluarkan dahak yang sering menghambat laju saluran pernafasan. Caranya tak berbeda jauh dengan pengolahan tampal besi tadi, cukup rebus 30 gram putri malu dengan 400 cc air. rebus hingga menyisakan air 200 cc saja, saring dan konsumsi 2 kali sehari.

13. Ginkgo Biloba

Tanaman asal china ini sudah sangat dikenal akan khasiatnya. Bahkan dinegara asalnya, tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk obat asma herbal. Didalamnya terdapat senyawa ginkgolide ialah senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Dimana senyawa ini akan mengurangi peradangan di saluran pernafasan dan dapat melegakan saluran pernafasan. Pertama siapkan 4-5 helai daun ginkgo biloba, rebus bersama 3 gelas air, sisakan hingga 1 gelas saja. minum air rebusan ini secara langsung.

14. Kemukus

Bagi sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan tanaman ini. Kemukus memiliki biji seperti lada hitam dan biji inilah yang dipercaya dapat mengatasi asma. Biji kemukus mengandung senyawa minyak atsiri, dimana minyak ini bermanfaat sebagai aroma terapi dan melegakan pernafasan. 

Caranya siapkan 15 gram biji kemukus, lalu rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut dan minum air rebusan selagi hangat.

15. Kulit Manggis

Kulit manggis merupakan salah satu kulit buah yang sangat berkhasiat dan mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Obat asma tradisional dari kulit manggis ini mempunyai khasiat yang lebih besar hingga melampaui khasiat daging buahnya karena memiliki kandungan anti oksidan tertinggi.

Beberapa kandungan seperti xanthone, mangostin, flavonoid, garsinon, spingomyolinase, epicatechin dan gartanin yang merupakan zat anti oksidan untuk melawan radikal bebas dan berperan dalam meregenerasi sel. 

Kandungan xanthone yang sangat tinggi terdapat dalam obat tradisional asma kulit manggis. Xanthones merupakan subtansi kimia alami, yang termasuk ke dalam senyawa polyhenolic yang bisa dimanfaatkan sebagai zat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Dikarenakan kulit buah manggis ini mempunyai kandungan xanthone yang begitu tinggi, sehingga obat asma tradisional dari kulit manggis ini dipercaya mampu menyembuhkan beragam macam penyakit yang berkaitan dengan peradangan akibat radikal bebas seperti asma, hipertensi, penyakit jantung, plak di pembuluh darah (aterosklerosis).

Sekian dari pembahasan kali ini semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua, dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya hanya di sirajaherbal.

Baca Juga :


Posted By Raja Herbal

15 Pengobatan Rumah Untuk Serangan Asma Secara Alami Dan Cepat

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon